Senjata Tradisional Sulawesi Tengah

Sulawesi tengah merupakan provinsi terbesar di Sulawesi yang mempunyai kekayaan Alam dan budaya yang sangat beragam. Terdapat beberapa suku dan budaya di Provinsi Sulawesi tengah termasuk adat istiadat, tari-tarian, makanan khas dan khususnya senjata tradisionalnya.


Bukan cuma keris senjata tradisional indonesia, tetapi masih banyak juga senjata-senjata lainnya yang berada di setiap-setiap daerah salah satunya Pasatimpo. Senjata ini merupakan senjata tradisional asli Sulawesi tengah yang berjenis parang yang hulunya bengkok dan sarungnya di beri tali. Senjata asli sulawesi tengah ini terdiri atas kanjai dan sarumpa bentuknya seperti trisula bermata tiga.

Pasatimpo sering digunakan oleh masyarakat setempat dalam tari-tari penyembuh yang berfungsi sebagai pengusir roh-roh jahat. Tetapi sekarang ini pasatimpo sering digunakan dalam tari-tarian kepahlawanan. Fungsihnya hanya untuk membesarkan jiwa penarinya.

Selain dari itu, pasatimpo ini digunakan untuk keperluan dan aktivitas sehari-hari seperti memotong hewan untuk dimakan, mencari kayu bakar dan sebagainya.

Selain pasatimpo ada jenis senjata tradisional yang lain berupa parang panjang (guma) yang dibuat oleh tukang besi (pande) yang ahli membuat senjata tajam. Sebagai alat pelindung diri dari serangan lawan digunakan perisai (cakalele) yang terbuat dari kayu dan dilapisi dengan sekeping besi tipis. Semua jenis senjata tradisional tersebut terutama digunakan untuk berperang melawan musuh atau melindungi diri dari serangan binatang buas.

Pada saat ini jenis-jenis senjata tradisional yang ada juga digunakan untuk berbagai keperluan dalam rangka aktivitas hidup sehari-hari, seperti untuk mencari kayu bakar, memotong hewan buruan atau piaraan untuk dikonsumsi, dan lain-lain.

Untuk itu mari kita jaga dan lestarikan budaya kita, supaya tidak di claim oleh negara lain. Kalau kita tidak menjaganya lama-lama kekayaan budaya kita akan punah. Semoga pemerintah dan pemerintah daerah ikut menjaga kelestariannya.

No comments for "Senjata Tradisional Sulawesi Tengah"