Senjata Tradisional Kepulauan Riau

Kepulauan Riau adalah provinsi ke 32 di Indonesia merukan pemekaran dari provinsi Riau dan Ibu Kota provinsi Kepulauan Riau berada di Tanjung Pinang. Mayoritas masyarakat Kepulauan Riau adalah suku melayu yang memiliki beragam kebudayaan termasuk didalamnya senjata tradisional.

Berikut ini 3 senjata tradisional Kepulauan Riau adalah sebagai berikut:

1. Senjata Tradisional Kepulauan Riau - Pedang Jenawi


Pedang jenawi ini pedang panjang yang digunakan para panglima perang dalam pertempuran. Panjang pedang ini mencapai satu meter. Senjata lainnya adalah kelewang, digunakan prajurit tempo dulu.

2.  Senjata Tradisional Kepulauan Riau - Tumbuk Lada


Pada pangkal sarung Tumbuk Lada terdapat bonjolan bundar yang selalunya dihias dengan ukiran yang dipahat. Sarung senjata ini selalunya dilapis dengan kepingan perak yang diukir dengan pola-pola rumit. Panjang bilah tumbuk lada sekitar 27 cm hingga 29 cm. Lebar bilahnya sekitar 3.5 cm hingga 4 cm.

Dari tengah bilah sampai ke pangkalnya terdapat alur yang dalam.

Selain keris, Tumbuk Lada pada zaman dulu juga menjadi salah satu kelengkapan pakaian adat di Kepulauan Riau, Deli, Siak dan Semenanjung Tanah Melayu.Tumbuk Lada digunakan secara menikam, mengiris dan menusuk dalam pertempuran jarak dekat. Ia dapat dipegang dengan dua jenis genggaman yaitu dengan mata keatas ataupun mata ke bawah.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai senjata tradisional Kepulauan Riau yang bisa kami sampiakan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.

No comments for "Senjata Tradisional Kepulauan Riau"